Blogger templates

Minggu, 05 April 2020

Hormati ibumu dengan selayaknya!



Saat ini -mungkin- banyak muslimah di negeri kita jika ditanya, "apa yg terbesit dibenak anda ketika disebut nama istri Nabi, 'Aisyah radhiyallahu 'anha?", mereka akan menjawab, "humairo' atau wanita cantik berkulit putih kemerah-merahan."

Mari kita simak penjelasan para ulama berikut:

Berkata Al-Allamah Ibnul Qoyyim rahimahullah:

وكل حديث فيه " يا حميراء " أو ذكر الحميراء فهو كذب مختلق

"Semua hadits yg menyebutkan kata "wahai Humairo'" atau "humairo", maka itu adalah hadits palsu!" Al-Manarul Munif, hal. 50.




Berkata Imam Al-Mizzi rahimahullah:

وكل حديث فيه يا حميراء فهو موضوع إلا حديثا عند النسائي

"Setiap hadits yg menyebutkan kata "wahai humairo'" adalah hadits palsu, kecuali satu hadits yg diriwayatkan oleh imam An-Nasa'i" Lihat: Al-Mashnu' karya Imam Al-Harowi, hal. 212.

Berkata Al-Hafizh Ibnu Hajar rahimahullah:

وفي رواية النسائي من طريق أبي سلمة عنها دخل الحبشة يلعبون فقال لي النبي -صلى الله عليه وسلم- : ( يا حميراء أتحبين أن تنظري إليهم ) فقلت : نعم . إسناده صحيح ولم أر في حديث صحيح ذكر الحميراء إلا في هذا

"Disebutkan dalam riwayat An-Nasa'i dari jalur Abu Salamah dari 'Aisyah, "beberapa budak habasyah bermain² di teras masjid... Kemudian Nabi berkata kepadaku, "wahai humairo', apakah kamu senang menonton mereka?" Aku menjawab, "iya."

Sanad hadits ini shohih dan aku tidak mendapati hadits lain yg shohih yg menyebutkan kata "humairo" selain hadits ini saja." Fathul Baari.

Selain yg saya nukilkan diatas, masih ada perkataan ulama dan ahli hadits lain yg semakna dengannya.

Coba direnungkan...

Ummul Mukminin 'Aisyah radhiyallahu anha, meriwayatkan hadits dari Nabi lebih dari 2,000 hadits... Dari riwayat sebanyak itu, hanya ada satu riwayat shohih yg menyebutkan kata "humairo"!

Ummul Mukminin 'Aisyah radhiyallahu anha, hidup berumah tangga bersama Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam selama lebih kurang lebih 10 tahun. Dan hanya satu kali dinukil secara shohih beliau memanggil istrinya dengan sebutan Humairo'!

Ummul Mukminin 'Aisyah radhiyallahu anha, dikenal dikalangan kaum muslimin sejak dahulu kala dengan ilmu dan ketakwaannya. Dan tidak ada ulama dari kalangan sahabat hingga sekarang yg dengan lancang menggambarkan kecantikan fisik 'Aisyah sebagai keutamaannya!

Riwayat yg menyebutkan kata humairo' ternyata ada banyak, namun semuanya hadits palsu kecuali hanya satu hadits saja! Artinya ada banyak para pendusta yg ingin memopulerkan gelar Humairo atas ibunda kita 'Aisyah!

'Aisyah adalah ibunda kita... Ibunda kaum mu'minin... Istri Rasulullah shallallahu alaihi wa sallam... Mari kita hormati beliau dengan selayaknya... Sebagaimana kita tidak rela jika ada orang lain menggambarkan dan membicarakan kecantikan fisik istri kita dihadapan khalayak ramai, maka tidak sepantasnya kita memperlakukan hal itu terhadap istri Rasulullah shallallahu alaihi wasallam.

Meneladani 'Aisyah adalah dengan meniru semangatnya dalam belajar, beramal dan berdakwah!

Barokallah fiekum.

Jonggol, 6 April 2020
Akhukum,

Aminullah Yasin

0 komentar:

Posting Komentar